Tiga Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Punya
Sepeda Listrik atau Motor Listrik!
Salam go Green!. Praktis, hemat, dan minim emisi, itulah sepeda
Listrik dan Sepeda motor Listrik, membuat keduanya jadi pilihan menarik di
tengah hiruk pikuk kemacetan kota yang penuh polusi ngeselin. Tapi, sebelum kita
memutuskan untuk menggunakan kendaraan Listrik ini, ada beberapa hal penting
yang perlu kita pahami. Ini bukan untuk menakut-nakuti, justru untuk membekali
diri dengan pengetahuan agar memiliki kendaraan listrik bisa jadi lebih
menyenangkan dan bermanfaat pakai!.
![]() |
cari Molis, apa saja yang wajib diketahui. |
1. Baterai adalah Harga Paling MAHAL!!!!.
Mungkin ini terdengar seperti sisi negatif, tapi justru sebaliknya! Mengetahui bahwa baterai
adalah komponen dengan harga paling mahal di sepeda atau motor listrik
adalah pengetahuan fundamental yang wajib kita pegang, harus jadi PRINSIP.
Kenapa? Karena dengan tahu fakta ini sejak awal, kita pasti akan lebih
berhati-hati dan telaten dalam merawatnya.
![]() |
Aki mahal?, Baterai lithium apalagi. |
Coba bayangkan, harga sebuah baterai bisa mencapai
separuh, bahkan lebih, dari harga unit kendaraan. Sayangnya, informasi
sepenting ini jarang sekali disampaikan oleh sales marketing saat kita di
dealer. Wajar saja, mereka tentu ingin konsumen segera meminang deal Beli unitnya,
bukan untuk membuat konsumen ragu akan mahalnya harga baterai.
Nah, berdasarkan pengalaman kami sebagai penyedia jasa
servis sejak tahun 2012 hingga saat ini, kasus kerusakan baterai akibat
kelalaian pengguna adalah yang paling tinggi, setiap bulan selalu saja ada
laporan ini. Ini jadi bukti nyata kenapa poin baterai mahal ini admin tempatkan
di urutan pertama. Jadi, yuk, mulai sekarang kita rawat baterai agar berumur
panjang. Lebih bijak dalam Tarik handle gas sedot amper, tidak ugal ugal an
dalam akselrasi, perhatikan cara charging, jangan biarkan kosong terlalu lama,
dan hindari memaksa kendaraan berjalan dalam baterai lowbat.
![]() |
Merawat baterai sama dengan merawat dompetmu di masa depan!. |
Klik disini: JURUS AMPUH MERAWAT AKI AGAR USIA LAMA
2. Biaya Servis MAHAL!!!.
To the poin aja deh, ngak usah pakai ditutup tutupi. Poin
kedua yang tak kalah penting adalah biaya servis kendaraan listrik yang bisa
dibilang tidak murah. Kita mungkin bertanya-tanya, kenapa sih servisnya
mahal?.
Fenomena ini sebenarnya cukup kompleks. Dengan semakin
banyaknya pengguna sepeda dan motor listrik, otomatis jumlah bengkel sepeda Listrik
yang mumpuni juga jadi kewalahan, bahkan seringkali overload pesanan.Servis sepeda listrik
Ditambah lagi, jaman tahun Sekarang banyak dari konsumen
sebagai pengguna yang punya sifat "pokoknya beres", bahkan
berharap kendaraan bisa dijemput/servis kunjungan untuk layanan perbaikan. Ini tentu membuat bengkel semakin
keteteran.
Di kota-kota besar, mayoritas bengkel memilih untuk
menaikkan biaya servis daripada harus tutup sementara atau menolak pelanggan.
Bahkan, untuk sekadar cek dan diagnosis saja, biaya bisa mencapai Rp80.000
hingga Rp100.000!, dan itu terjadi kesepatakan di semua bengkel-bengkel servis.
Tapi ingat, informasi ini bukan untuk membuatmu enggan
dan menjatuhkan, lho! Justru sebaliknya, ini adalah ajakan tulus agar kita lebih
bersemangat untuk belajar dan mengumpulkan wawasan tentang kendaraan
listrik. Dengan bekal pengetahuan dasar tentang cara merawat, menggunakan agar
awet, hingga bisa melakukan servis ringan mandiri, percayalah, pengalaman
menggunakan sepeda listrik akan terasa jauh lebih menyenangkan dan puas.
Bayangkan saja, kita bisa menghemat biaya ratusan ribu dan juga waktu karena nggak perlu bolak-balik
bengkel untuk masalah sepele. Keren, kan?. Dan tidak sulit juga dalam
membaca dan mengumpulkan wawasan tentang dasar dasar sepeda motor Listrik dan
Sepeda Listrik.
![]() |
Sebenarnya gampang kok. |
3. Jauhi Niat "Upgrade" Apalagi "Tukar Tambah"
Ini mungkin terdengar sedikit ekstrem, tapi kami
sarankan: jangan pernah punya tujuan "upgrade" berlebihan, apalagi
berencana "tukar tambah" dalam waktu dekat.
Kenapa?
Karena harga jual kembali motor listrik bekas itu anjlok total! Ada
tradisi unik di pasar sepeda listrik bekas, yaitu harga aki atau baterai
bekas hampir tidak dihitung. Baterai dianggap sudah habis masa pakainya.
Bayangkan, sepeda listrik yang kita beli Rp 3 juta, jika harga baterainya Rp
1,7 juta, maka harga jual bekasnya bisa-bisa cuma dihargai Rp 1,3 juta! Jelas
sangat tidak efektif jika tujuanmu menjual kembali untuk keuntungan.
![]() |
niat upgrade, tukar tambah, mending jangan |
Hal yang sama berlaku untuk "upgrade". Banyak
banget user yang kepikiran untuk menaikkan kecepatan. To the poin Saja = Niat
untuk "meng-upgrade" kecepatan atau performa motor listrikmu hanya
akan membuatmu boros biaya, mengurangi tingkat keamanan, bahkan mempercepat
kerusakan kendaraanmu. Kenapa begitu? Karena bodi, rangka, sistem rem, dan
sistem suspensi pada sepeda listrik atau motor listrikmu sudah didesain oleh
pabrik sesuai peruntukan dan batas kemampuannya.
Upgrade |
Contoh: Jika kita ingin sepeda listrik yang bisa
ngebut sampai 60 km/jam, jangan memaksakan "moped city bike" yang
dirancang untuk 25 km/jam untuk di-upgrade. Lebih baik, pilihlah sejak awal
sebuah sepeda motor listrik yang memang sudah kokoh dan kuat untuk kecepatan
yang kita inginkan.
Lalu, bagaimana dengan "upgrade power"
dengan mengganti kontroler arus yang lebih besar?, misal upgrade VOTOL, NANJING,
KELLY?. Memang cukup sederhana, tapi coba pikirkan lagi. Dengan power yang
lebih besar, baterai akan lebih cepat boros. Ujung-ujungnya? Kita harus
"upgrade" baterai juga! Lalu jika dinamo jadi panas karena power yang
lebih besar? Pasti kita akan terpikir "upgrade" dinamo juga. Nah,
kalau sudah begini, bukankah sama saja dengan mengganti hampir semua komponen
baru? Lebih baik investasi di awal dengan memilih unit yang sesuai kebutuhan. Kecuali
kalau tujuannya untuk gaya-gaya an dan konten di media sosial sih, yang penting
show keren di mata netijen. tentunya dengan biaya modal yang tinggi juga dong.
upgrade total, biaya juga total sekalian tinggi.
Semoga tiga poin penting ini bisa menjadi bekal
berharga bagi kita yang sudah memiliki atau berencana memiliki sepeda listrik
dan sepeda motor listrik, ya! Dengan pemahaman yang baik, dijamin pengalamanmu
akan jauh lebih menyenangkan dan bebas masalah. Ada pertanyaan lain? Yuk,
ngobrol di kolom komentar!