Selamat Datang di website bersih tanpa iklan 👋

Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Punya Sepeda Listrik atau Motor Listrik!

Tiga Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Punya Sepeda Listrik atau Motor Listrik! 

Salam go Green!.  Praktis, hemat, dan minim emisi, itulah sepeda Listrik dan Sepeda motor Listrik, membuat keduanya jadi pilihan menarik di tengah hiruk pikuk kemacetan kota yang penuh polusi ngeselin. Tapi, sebelum kita memutuskan untuk menggunakan kendaraan Listrik ini, ada beberapa hal penting yang perlu kita pahami. Ini bukan untuk menakut-nakuti, justru untuk membekali diri dengan pengetahuan agar memiliki kendaraan listrik bisa jadi lebih menyenangkan dan bermanfaat pakai!.

cari Molis, apa saja yang wajib diketahui.


 

1. Baterai adalah Harga Paling MAHAL!!!!.

Mungkin ini terdengar seperti sisi negatif, tapi justru sebaliknya! Mengetahui bahwa baterai adalah komponen dengan harga paling mahal di sepeda atau motor listrik adalah pengetahuan fundamental yang wajib kita pegang, harus jadi PRINSIP. Kenapa? Karena dengan tahu fakta ini sejak awal, kita pasti akan lebih berhati-hati dan telaten dalam merawatnya.

Aki mahal?, Baterai lithium apalagi.


Coba bayangkan, harga sebuah baterai bisa mencapai separuh, bahkan lebih, dari harga unit kendaraan. Sayangnya, informasi sepenting ini jarang sekali disampaikan oleh sales marketing saat kita di dealer. Wajar saja, mereka tentu ingin konsumen segera meminang deal Beli unitnya, bukan untuk membuat konsumen ragu akan mahalnya harga baterai.

Nah, berdasarkan pengalaman kami sebagai penyedia jasa servis sejak tahun 2012 hingga saat ini, kasus kerusakan baterai akibat kelalaian pengguna adalah yang paling tinggi, setiap bulan selalu saja ada laporan ini. Ini jadi bukti nyata kenapa poin baterai mahal ini admin tempatkan di urutan pertama. Jadi, yuk, mulai sekarang kita rawat baterai agar berumur panjang. Lebih bijak dalam Tarik handle gas sedot amper, tidak ugal ugal an dalam akselrasi, perhatikan cara charging, jangan biarkan kosong terlalu lama, dan hindari memaksa kendaraan berjalan dalam baterai lowbat.

Merawat baterai sama dengan merawat dompetmu di masa depan!.

Klik disini: JURUS AMPUH MERAWAT AKI AGAR USIA LAMA


 

2. Biaya Servis MAHAL!!!.

To the poin aja deh, ngak usah pakai ditutup tutupi. Poin kedua yang tak kalah penting adalah biaya servis kendaraan listrik yang bisa dibilang tidak murah. Kita mungkin bertanya-tanya, kenapa sih servisnya mahal?.

Servis sepeda listrik

Fenomena ini sebenarnya cukup kompleks. Dengan semakin banyaknya pengguna sepeda dan motor listrik, otomatis jumlah bengkel sepeda Listrik yang mumpuni juga jadi kewalahan, bahkan seringkali overload pesanan.

Ditambah lagi, jaman tahun Sekarang banyak dari konsumen sebagai pengguna yang punya sifat "pokoknya beres", bahkan berharap kendaraan bisa dijemput/servis kunjungan untuk layanan  perbaikan. Ini tentu membuat bengkel semakin keteteran.



Di kota-kota besar, mayoritas bengkel memilih untuk menaikkan biaya servis daripada harus tutup sementara atau menolak pelanggan. Bahkan, untuk sekadar cek dan diagnosis saja, biaya bisa mencapai Rp80.000 hingga Rp100.000!, dan itu terjadi kesepatakan di semua bengkel-bengkel servis.

Tapi ingat, informasi ini bukan untuk membuatmu enggan dan menjatuhkan, lho! Justru sebaliknya, ini adalah ajakan tulus agar kita lebih bersemangat untuk belajar dan mengumpulkan wawasan tentang kendaraan listrik. Dengan bekal pengetahuan dasar tentang cara merawat, menggunakan agar awet, hingga bisa melakukan servis ringan mandiri, percayalah, pengalaman menggunakan sepeda listrik akan terasa jauh lebih menyenangkan dan puas. Bayangkan saja, kita bisa menghemat biaya ratusan ribu  dan juga waktu karena nggak perlu bolak-balik bengkel untuk masalah sepele. Keren, kan?. Dan tidak sulit juga dalam membaca dan mengumpulkan wawasan tentang dasar dasar sepeda motor Listrik dan Sepeda Listrik.

Sebenarnya gampang kok.



 

3. Jauhi Niat "Upgrade" Apalagi "Tukar Tambah"

Ini mungkin terdengar sedikit ekstrem, tapi kami sarankan: jangan pernah punya tujuan "upgrade" berlebihan, apalagi berencana "tukar tambah" dalam waktu dekat.

Kenapa? Karena harga jual kembali motor listrik bekas itu anjlok total! Ada tradisi unik di pasar sepeda listrik bekas, yaitu harga aki atau baterai bekas hampir tidak dihitung. Baterai dianggap sudah habis masa pakainya. Bayangkan, sepeda listrik yang kita beli Rp 3 juta, jika harga baterainya Rp 1,7 juta, maka harga jual bekasnya bisa-bisa cuma dihargai Rp 1,3 juta! Jelas sangat tidak efektif jika tujuanmu menjual kembali untuk keuntungan.

niat upgrade, tukar tambah, mending jangan
 

Hal yang sama berlaku untuk "upgrade". Banyak banget user yang kepikiran untuk menaikkan kecepatan. To the poin Saja = Niat untuk "meng-upgrade" kecepatan atau performa motor listrikmu hanya akan membuatmu boros biaya, mengurangi tingkat keamanan, bahkan mempercepat kerusakan kendaraanmu. Kenapa begitu? Karena bodi, rangka, sistem rem, dan sistem suspensi pada sepeda listrik atau motor listrikmu sudah didesain oleh pabrik sesuai peruntukan dan batas kemampuannya.

Upgrade
 

Contoh: Jika kita ingin sepeda listrik yang bisa ngebut sampai 60 km/jam, jangan memaksakan "moped city bike" yang dirancang untuk 25 km/jam untuk di-upgrade. Lebih baik, pilihlah sejak awal sebuah sepeda motor listrik yang memang sudah kokoh dan kuat untuk kecepatan yang kita inginkan.

Lalu, bagaimana dengan "upgrade power" dengan mengganti kontroler arus yang lebih besar?, misal upgrade VOTOL, NANJING, KELLY?. Memang cukup sederhana, tapi coba pikirkan lagi. Dengan power yang lebih besar, baterai akan lebih cepat boros. Ujung-ujungnya? Kita harus "upgrade" baterai juga! Lalu jika dinamo jadi panas karena power yang lebih besar? Pasti kita akan terpikir "upgrade" dinamo juga. Nah, kalau sudah begini, bukankah sama saja dengan mengganti hampir semua komponen baru? Lebih baik investasi di awal dengan memilih unit yang sesuai kebutuhan. Kecuali kalau tujuannya untuk gaya-gaya an dan konten di media sosial sih, yang penting show keren di mata netijen. tentunya dengan biaya modal yang tinggi juga dong.

upgrade total, biaya juga total sekalian tinggi.



 

Semoga tiga poin penting ini bisa menjadi bekal berharga bagi kita yang sudah memiliki atau berencana memiliki sepeda listrik dan sepeda motor listrik, ya! Dengan pemahaman yang baik, dijamin pengalamanmu akan jauh lebih menyenangkan dan bebas masalah. Ada pertanyaan lain? Yuk, ngobrol di kolom komentar!

 

Ingin punya motor Listrik merk apa kalian??

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama