Selamat Datang di website bersih tanpa iklan 👋

KODE RAHASIA pada PCB Kontroler Motor Listrik

 Kode Rahasia pada PCB Kontroler Motor Listrik:

Bongkar Fitur Tersembunyi!


Pernah merasa bingung saat melihat dua kontroler BLDC yang secara fisik mirip, tetapi yang satu punya banyak kabel fitur, sementara yang lain terlihat sedikit kabel? Misalnya, kontroler A punya kabel untuk fungsi maju-mundur (reverse), tapi kontroler B tidak. Tenang, ada rahasia di balik itu semua. Kontroller ini punya kabel pedal assist dan controller lain tidajk punya.

kode pada PCB, itu sebenarnya ada yang bisa dipakai

Ternyata, pada banyak PCB (Printed Circuit Board) kontroler, fitur-fitur ini sudah disiapkan dalam bentuk kode-kode rahasia. Dengan sedikit keahlian menyolder, kita bisa "mengaktifkan" fitur tersembunyi tersebut tanpa harus membeli kontroler baru.

DISCLAIMER:
Tips pada artikel ini mungkin hanya cocok untuk
kontroller dengan seri microcontroller: GPM8F3116A-QL014 MN8AT1334 



Berikut adalah kode-kode yang sering ditemukan pada PCB kontroler motor listrik.

Kode-Kode Penting yang Wajib Diketahui

  • 1:1: Ini adalah port untuk sinyal data pedal assist sensor (PAS). Jika sepeda listrik kita punya fitur pedal assist, sinyal dari sensornya akan masuk melalui port ini. Untuk power vcc pedal assist bisa mengambil dari 4.3V dan ground bisa ambil di titik GND yang sudah banyak tersedia di PCB kontroller.
pedal assist sensor.

  • DD: Kode untuk fitur maju-mundur (reverse). Port ini bekerja dengan cara aktif low, artinya untuk mengaktifkan fungsi reverse, kita cukup menyambungkannya ke ground (titik negatif baterai).
port DD.


  • XX: Kode ini digunakan untuk kalibrasi arah putaran motor atau self-study. Ini sangat berguna saat kita memasang motor baru dan putarannya terbalik. Cara mengaktifkannya juga aktif low, sambungkan saja ke ground.
  • XS: Biasanya berfungsi sebagai throttle cadangan atau untuk sensor torsi. Port ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, tergantung desain pabrikan.
XX XS dan TS


  • SD: Ini adalah singkatan dari speedometer analog sinyal. Port ini akan mengeluarkan sinyal tegangan linear yang diambil dari salah satu fase motor BLDC. Sinyal inilah yang bisa digunakan untuk menggerakkan speedometer analog.
SD hanyalah percabangan dari salah satu kabel phase


  • Hi / L01: Port untuk mode kecepatan tinggi atau sering disebut speed 3.
  • Ho / L02: Port untuk mode kecepatan rendah atau sering disebut speed 2.
    • Baik Hi maupun Ho umumnya juga bekerja dengan cara aktif low.
letak Hi, Ho, L01, L02 kadang berbeda beda.


  • FD: Port ini terhubung ke kontrol boks alarm. Ia berfungsi sebagai jalur komunikasi data antara kontroler dan sistem alarm, memungkinkan fitur keamanan seperti mengunci roda.
selain FD, alarm control juga mengambil kabel dari:
VCC power On, B+ baterai, GND, dan juga SD.


  • BL: Kode untuk sensor rem aktif low. Saat tuas rem ditekan, sinyal akan disambungkan ke ground, memutus daya ke motor.
  • BH: Kode untuk sensor rem aktif high. Berbeda dengan BL, sinyal ini akan disambungkan ke +12V untuk mengaktifkan fungsi pengereman.

  • LED: Port ini bisa disambungkan ke lampu LED eksternal. Fungsinya sebagai indikator self-diagnosis, yang akan berkedip dengan pola tertentu jika terjadi masalah pada kontroler.
kode LED bisa dipasangkan lampu LED .

 

Kode PCB yang Jarang Digunakan atau Perlu Hati-Hati

  • TX: Hati-hati dengan port ini. Meskipun terlihat seperti Transmitter, jangan coba-coba menyambungkannya ke ground. Melakukan itu bisa menyebabkan hard reset pada kontroler, yang dapat menghapus semua pengaturan.
  • EBS: Meskipun kodenya mirip dengan Electric Brake System, port ini seringkali tidak berfungsi atau kosong. Jadi, jangan mengandalkannya sebagai fitur pengereman elektrik.
  • aneka kode P01, P02, dan seterusnya sampai P08 . itu biasanya kosong.

 

Memahami kode-kode ini tidak hanya membantu kita dalam memodifikasi kontroler, tetapi juga memberikan wawasan lebih dalam tentang cara kerja Microcontroller motor listrik.

SEMOGA BERMANFAAT

 

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama